Apa sih bedanya cincin tunangan dan kawin, ini sering menjadi pertanyaan saat suatu hubungan antara kedua insan sudah semakin serius, maka kedua insan tersebut akan mulai menentukan langkah selanjutnya.

Beberapa diantaranya ada yang memilih menikah langsung dan ada pula yang memilih untuk bertunangan terlebih dahulu. Jika Anda hendak melakukan prosesi tunangan terlebih dahulu, Anda pastinya akan mempersiapkan cincin tunangan. Cincin tunangan ini tentu memiliki beberapa perbedaan jika dibandingkan dengan cincin kawin.

Perbedaan cincin tunangan dan cincin kawin umumnya terletak pada prosesi pemberian cincin, jumlah cincin yang digunakan, posisi cincin, status cincin, dan bentuk cincin. Adapun penjelasan dari masing-masing tersebut akan diuraikan pada uraian di bawah ini.

1. Prosesi pemberian cincin
Cincin tunangan diberikan pada saat pasangan pria melamar pasangan wanita. Sementara cincin kawin akan diberikan mempelai pria dalam pernikahannya nanti. Cincin tunangan ini tidak bersifat wajib. Seorang pria boleh melakukan prosesi tunangan atau lamaran tanpa menggunakan cincin.

2. Jumlah cincin
Cincin tunangan umumnya tidak harus sepasang dan hanya diberikan dari pihak pria ke pihak wanitanya. Dalam budaya barat, cincin tunangan hanya dikenakan di jari tangan wanita saja. Namun di Indonesia terdapat dua cara yang berbeda. Ada pasangan yang sama-sama menyematkan cincin tunangan di jari manisnya dan ada pula yang hanya menyematkan cincin tunangan pada jari pasangan wanita saja. Sementara itu, cincin kawin biasanya berjumlah satu pasang dan dimiliki oleh mempelai pria dan wanita masing-masing sebanyak satu buah.

3. Status cincin
Cincin tunangan berarti bahwa seorang wanita sudah terikat dan memiliki komitmen untuk melangsungkan pernikahannya. Namun, ikatan ini tidak berarti bahwa wanita tersebut telah resmi menikah. Ikatan pernikahan sesungguhnya disimbolkan dengan pemasangan cincin kawin. Cincin tunangan juga dapat menyimbolkan kesiapan mempelai pria untuk menafkahi mempelai wanita setelah menikah nanti.

4.Posisi cincin
Umumnya cincin tunangan disematkan pada jari manis sebelah kiri. Sementara itu, cincin kawin biasanya dipakaikan pada jari manis tangan kanan.

5. Bentuk cincin
Perbedaan bentuk cincin tunangan dan kawin juga terletak pada desain dan model yang digunakan. Pada umumnya desain cincin tunangan dilengkapi dengan berlian yang terletak di tengah cincin. Ukuran berlian tersebut bervariasi mulai dari yang kecil hingga yang besar. Untuk cincin kawin sendiri biasanya menggunakan bentuk yang lebis simpel dan cocok untuk digunakan sehari-hari. Meskipun ada juga cincin kawin yang dilengkapi dengan berlian, namun pemilihan berlian didesain sedemikian rupa agar tidak menonjol dan hanya bersifat sebagai pendukung atau pemanis saja.

6. Penggunaan
Umumnya cincin tunangan hanya digunakan setelah prosesi tunangan hingga menikah saja. Setelah menikah, maka penggunaan cincin tersebut diganti dengan cincin kawin sementara cincin tunangan akan disimpan. Namun untuk meminimalisir budget, ada juga yang menjadikan cincin tunangan sebagai cincin kawin sekaligus. Anda juga dapat mengikuti tren stacking yang berarti menggunakan kedua cincin sekaligus secara ditumpuk. Kedua cincin tersebut dapat disatukan dengan cara dipatri.

Demikian informasi mengenai perbedaan cincin tunangan dan cincin kawin yang perlu Anda ketahui. Usahakan untuk menyiapkan cincin tunangan maupun cincin kawin sebaik mungkin. Pemberian cincin tunangan atau cincin kawin yang sesuai keinginan tentunya akan memberikan kesan lebih mendalam pada momen pertunangan dan pernikahan Anda. Namun, jangan lupa untuk tetap menyesuaikan dengan budget yang Anda miliki dan tidak mengabaikan kenyamanan penggunanya.