Perbandingan cincin emas dan perak dari berbagai sisi – Salah satu benda yang sangat penting dalam sebuah prosesi pernikahan yaitu cincin nikah. Cincin nikah inilah yang menjadi simbol sebuah ikatan pernikahan. Dewasa ini, bahan dasar pembuatan cincin nikah berasal dari berbagai macam bahan. Bahan-bahan yang biasa digunakan yaitu emas, perak, platinum, palladium, dan beberapa jenis bahan lainnya. Namun, bahan yang paling favorit dan masih menjadi primadona bagi masyarakat Indonesia yaitu emas dan perak.

Dalam artikel ini cincin emas yang digunakan sebagai pembanding yaitu cincin emas putih. Bagi orang awam yang tidak terlalu paham dengan jenis-jenis logam mulia, mungkin menganggap bahwa emas putih dan perak tidak memiliki perbedaan. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena informasi mengenai perbandingan cincin emas dan perak dari berbagai sisi akan dibahas pada uraian di bawah ini.

• Dilihat dari segi harga
Meskipun memiliki bentuk dan tampilan yang hampir sama, emas putih tetaplah terbuat dari logam emas. Logam emas sendiri merupakan salah satu jenis logam yang memiliki nilai tukar. Nilai tukar logam ini juga dapat berubah dari waktu ke waktu. Oleh karena itu, cincin emas akan memiliki harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan cincin perak.

• Dilihat dari segi kualitas
Emas putih sendiri merupakan emas murni dengan campuran bahan lain hingga berubah warna menjadi putih. Pada umumnya, campuran bahan yang digunakan yaitu nikel. Kualitas dari cincin emas ini dapat diukur dari kemurnian atau kadar karatnya. Sementara cincin perak tidak dapat diukur kualitasnya dengan melihat kemurnian atau kadar karatnya. Cincin emas putih dengan kadar karat 24 tentu akan memiliki kualitas lebih baik meski dibandingkan dengan cincin perak kualitas terbaik sekalipun.

• Dari segi tampilan
Jika dilihat dari segi tampilan, emas putih memiliki bobot kemilau yang lebih tinggi dibandingkan dengan perak. Daya pantul yang dimiliki emas putih juga lebih kuat. Sementara perak memiliki daya pantul yang cenderung lebih redup. Oleh karena itu, cincin emas putih akan terlihat lebih cemerlang daripada cincin perak, khususnya saat terkena cahaya matahari. Untuk mengetahui dengan jelas perbedaan kedua cincin ini jika hanya dilihat dari tampilannya saja, Anda dapat meletakkannya dalam jarak yang berdekatan.

• Dari segi keamanan
Pada dasarnya cincin emas putih dapat menimbulkan alergi karena dicampur dan dilapisi dengan logam lain. Namun, hanya sedikit sekali orang yang alergi dengan cincin emas putih ini. Berbeda dengan cincin emas putih, cincin perak akan menimbulkan gatal-gatal dan bercak pada kulit bagi orang yang memiliki kulit sensitif.

• Dari segi ketahanan
Meski sama-sama dilapisi dengan rhodium, namun cincin perak akan cepat memudar jika sering terkena air. Sementara itu, cincin emas putih baru akan memudar kilauannya setelah dipakai dalam jangka waktu yang lama. Tak hanya itu, cincin perak akan dengan mudah berubah bentuk karena terbuat dari logam yang cukup ringan, berbeda dengan cincin emas kuning yang baru akan berubah bentuk jika terkena beberapa hantaman atau goresan.

Demikian penjelasan mengenai perbandingan cincin emas dan perak dari berbagai sisi. Dengan adanya uraian ini, diharapkan Anda dapat membedakan dengan baik mana cincin emas maupun cincin perak dan dijadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum membeli cincin. Tak hanya itu, dengan mengetahui perbedaan tersebut juga dapat menghindarkan Anda dari penipuan.