Berapa karat kadar emas pada cincin kawin – Karat merupakan sebuah satuan yang ditetapkan untuk mengukur kadar kemurnian suatu jenis logam. Karat sendiri berbeda dengan satuan berat logam. Salah satu jenis logam yang biasa digunakan untuk cincin kawin yaitu emas. Terdapat beberapa tingkatan kadar kemurnian emas yaitu mulai dari 12 karat hingga 24 karat. Logam emas murni yaitu logam emas dengan kadar 24 karat.

Logam ini terbentuk dari 100% emas murni tanpa adanya bahan campuran sedikitpun. Semakin tinggi kadar kemurnian emas tersebut, maka semakit tinggi pula harga jualnya.

Kadar Emas pada Cincin Kawin
Dalam pembuatan cincin kawin, kadar emas 24 karat tidak digunakan. Hal ini dikarenakan emas dengan kadar ini murni terbuat dari bahan emas tanpa ada campuran bahan lainnya. Padahal, emas sendiri merupakan jenis logam yang bersifat paling lembut dan halus sehingga akan sulit jika diaplikasikan dalam bentuk perhiasan.

Pertanyaannya adalah berapa karat kadar emas pada cincin kawin ? Kadar emas yang biasa digunakan dalam cincin kawin yaitu sebesar 14 karat dan 18 karat. Penjelasan dari masing-masing kadar tersebut akan diuraikan sebagai berikut.

1. Emas kadar 12 karat
Cincin emas berkadar 12 karat memiliki komposisi logam emas sekitar 40% dan 60% logam lain. Umumnya, logam yang digunakan sebagai campuran yaitu logam tembaga dan perak.

Cincin ini memiliki segi ketahanan dan kekuatan yang tinggi dikarenakan campuran logam lain memiliki persentase yang tinggi. Untuk membuat cincin ini lebih mengkilap, Anda dapat melapisinya dengan logam rhodium. Cincin berkadar 12 karat ini memiliki harga paling murah.

 

2. Emas kadar 14 karat
Emas kadar ini terdiri dari 58% emas murni yang dicampur dengan logam lain sebanyak 42%. Logam campuran yang biasa digunakan yaitu perak dan tembaga.

Cincin dengan kadar kemurnian 14 karat lebih direkomendasikan karena emas dengan kadar ini memiliki ketahanan dan kekuatan yang lebih jika dibandingkan dengan emas berkadar 18 karat. Hal ini dikarenakan emas dengan kadar ini memiliki persentase kadar campuran yang lebih tinggi. Cincin kadar ini meiliki harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan cincin emas berkadar 12 karat.

 

3. Emas kadar 18 karat
Cincin emas berkadar 18 karat terbuat dari campuran logam emas sebesar 75% dan logam lain sebesar 25%. Logam yang digunakan sebagai campuran umumnya adalah logam perak ataupun tembaga. Cincin emas kadar ini memiliki ketahanan yang lebih rendah jika dibandingkan dengan cincin emas berkadar 14 karat. Sisi ketahanan yang rendah ini disebabkan karena persentase logam emas yang lebih besar, sementara logam emas memiliki sifat yang lembut dan halus.

Tak hanya itu, cincin emas dengan kadar 18 karat juga rentan tergores. Padahal, goresan pada cincin dapat mengurangi keindahan cincin itu sendiri. Namun, jika Anda tetap bertekad untuk menggunakan cincin dengan kadar ini, maka disarankan agar Anda lebih sering memoles cincin tersebut. Harga yang dibandrol untuk cincin emas dengan kadar 18 karat tentu lebih tinggi jika dibandingkan dengan cincin berkadar 12 karat maupun 14 karat.

Demikian informasi mengenai berapa karat kadar emas pada cincin kawin. Dengan adanya informasi tersebut diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum Anda membeli cincin kawin.

Pastikan untuk tetap mendiskusikan hal ini dengan pasangan agar cincin yang Anda pilih berkesan dan sesuai keinginan. Usahakan pula untuk tetap melihat budget yang Anda miliki.