Variasi harga cincin kawin berdasarkan bahannya – Pernikahan merupakan salah satu moment yang indah dan pasti akan dirasakan oleh setiap insan. Saat sepasang kekasih memutuskan untuk memasuki jenjang yang lebih serius yakni pernikahan, biasanya dibutuhkan suatu simbol yang dapat diartikan sebagai pengikat cinta.

Simbol yang biasa digunakan ini berupa cincin. Cincin memiliki sebuah makna yang dalam sebagai pengikat sebuah komitmen. Cincin juga dapat menyimbolkan keabadian. Bentuk cincin yang melingkar menunjukkan komitmen yang kuat antara sepasang suami istri dalam mengarungi bahtera rumah tangga.
Variasi Harga Cincin Kawin

Ada beberapa bahan atau material yang biasa digunakan dalam pembuatan cincin kawin, diantaranya emas, perak, platinum, palladium, dan beberapa jenis material lainnya. Perbedaan material atau bahan dasar inilah yang menyebabkan adanya perbedaan harga dari sebuah cincin. Selain bahan atau material yang digunakan, harga sebuah cincin juga dipengaruhi oleh kadar atau tingkat kemurnian bahan tersebut. Semakin tinggi kadarnya, maka harga jual cincin tersebut semakin tinggi.

Berikut ini adalah daftar variasi harga cincin kawin berdasarkan bahannya. Uraian detail mengenai harga dan bahan yang digunakan akan dijelaskan di bawah ini.

1. Cincin kawin perak 925
Cincin jenis ini memiliki kadar perak 92,5% dengan 7,5% nya adalah bahan lain. Kadar ini merupakan standar internasional yang digunakan untuk perhiasan perak. Cincin jenis ini dilengkapi dengan permata cubic zircona dan dilapisi dengan rhodium. Rhodium sendiri merupakan bahan pelapis yang dapat memberikan efek mengkilap dan tahan lama. Cincin jenis ini dibandrol dengan harga mulai dari Rp380.000,00 untuk satu pasang.

2. Cincin kawin palladium 25%
Kadar palladium yang ada pada cincin jenis ini yaitu sebesar 25%. Sementara 75% lainnya menggunakan material lain. Umumnya material tersebut berupa perak. Cincin ini akan dilapisi dengan rhodium agar mengkilap dan tahan lama. Selain itu, desain cincin ini juga dilengkapi dengan swarovski. Anda hanya membutuhkan biaya mulai dari Rp1.900.000,00 untuk memperoleh sepasang cincin jenis ini.

3. Cincin kawin palladium 30%
Bahan utama pembuatan cincin ini yaitu 30% palladium dan 70% bahan lain. Umumnya bahan campuran yang digunakan yaitu perak. Permata yang digunakan cincin jenis ini yaitu swarovski dengan finishing dilapisi dengan rhodium. Untuk membawa pulang sepasang cincin jenis ini, Anda hanya memerlukan biaya mulai dari Rp2.260.000,00.

4. Cincin kawin emas kuning 40%
Kadar emas yang digunakan cincin jenis ini yaitu 40%. Sementara itu, 60% lainnya merupakan bahan lain yang umumnya adalah emas atau tembaga. Cincin ini biasanya juga dilengkapi dengan permata berjenis swarovski. Adapun finishing akhir akan dilapisi dengan rhodium agar awet dan tahan lama. Sepasang cincin jenis ini dibandrol dengan harga mulai dari Rp2.800.000,00.

5. Cincin kawin emas kuning 50%
Cincin jenis ini terbuat dari campuran emas kuning sebesar 50% dan logam lain sebesar 50%. Campuran logam lain pada jenis ini biasanya yaitu logam perak dan tembaga. Cincin ini dibandrol dengan harga mulai dari Rp3.360.000,00 untuk dua buah atau satu pasang. Dengan harga tersebut, cincin jenis ini juga sudah dilengkapi dengan permata swarovski dan dilapisi dengan rhodium agar terlihat mengkilap.

Demikian variasi harga cincin kawin berdasarkan bahannya yang seringkali digunakan. Dengan adanya penjelasan masing-masing harga untuk setiap bahannya, diharapkan dapat membantu Anda dalam mempertimbangkan cincin kawin yang hendak digunakan dalam proses pernikahan Anda. Selalu ingat dengan budget yang Anda miliki agar pengeluaran Anda tidak membengkak.